IT Audit Trail
Audit Trail merupakan salah satu fitur
dalam suatu program yang mencatat semua kegiatan yang dilakukan tiap
user dalam suatu tabel log. secara rinci. Audit Trail secara default
akan mencatat waktu , user, data yang diakses dan berbagai jenis
kegiatan. Jenis kegiatan bisa berupa menambah, merungubah dan menghapus. Audit Trail apabila diurutkan berdasarkan waktu bisa membentuk suatu kronologis manipulasi data.Dasar
ide membuat fitur Audit Trail adalah menyimpan histori tentang suatu
data (dibuat, diubah atau dihapus) dan oleh siapa serta bisa
menampilkannya secara kronologis. Dengan adanya Audit Trail ini, semua
kegiatan dalam program yang bersangkutan diharapkan bisa dicatat dengan
baik.
Cara kerja Audit Trail
Audit Trail yang disimpan dalam suatu tabel;
- Dengan menyisipkan perintah penambahan record ditiap query Insert, Update dan Delete
- Dengan memanfaatkan fitur trigger pada DBMS. Trigger adalah kumpulan SQL statement, yang secara otomatis menyimpan log pada event INSERT, UPDATE, ataupun DELETE pada sebuah tabel.
Fasilitas Audit Trail
Fasilitas Audit Trail diaktifkan, maka
setiap transaksi yang dimasukan ke Accurate, jurnalnya akan dicatat di
dalam sebuah tabel, termasuk oleh siapa, dan kapan. Apabila ada sebuah
transaksi yang di-edit, maka jurnal lamanya akan disimpan, begitu pula
dengan jurnal barunya.
Hasil Audit Trail
Record Audit Trail disimpan dalam bentuk, yaitu :
Binary File – Ukuran tidak besar dan tidak bisa dibaca begitu saja
Text File – Ukuran besar dan bisa dibaca langsung
Tabel.
Record Audit Trail disimpan dalam bentuk, yaitu :
Binary File – Ukuran tidak besar dan tidak bisa dibaca begitu saja
Text File – Ukuran besar dan bisa dibaca langsung
Tabel.
Real Time Audit
Audit teknologi informasi (Inggris:
information technology (IT) audit atau information systems (IS) audit)
adalah bentuk pengawasan dan pengendalian dari infrastruktur teknologi
informasi secara menyeluruh. Audit teknologi informasi ini dapat
berjalan bersama-sama dengan audit finansial dan audit internal, atau
dengan kegiatan pengawasan dan evaluasi lain yang sejenis. Pada mulanya
istilah ini dikenal dengan audit pemrosesan data elektronik, dan
sekarang audit teknologi informasi secara umum merupakan proses
pengumpulan dan evaluasi dari semua kegiatan sistem informasi dalam
perusahaan itu.
Istilah lain dari audit teknologi
informasi adalah audit komputer yang banyak dipakai untuk menentukan
apakah aset sistem informasi perusahaan itu telah bekerja secara
efektif, dan integratif dalam mencapai target organisasinya. Jejak audit
atau log audit adalah urutan kronologis catatan audit, yang
masing-masing berisi bukti langsung yang berkaitan dengan dan yang
dihasilkan dari pelaksanaan suatu proses bisnis atau fungsi sistem.
Real Time Audit adalah hasil dari evolusi
dalam permintaan untuk sistem peningkatan persiapan proyek, analisa dan
manajemen pada bagian pelaksana dan donor sama. Setelah survei
komperhensif pengalaman dalam proyek yang didukung oleh bank-bank
pembangunan, lembaga donor dan investor swasta, yang meliputi beberapa
tahun pengalaman. Pengembangan Organisasi Intelijen Navatec.com diminta untuk memberikan bantuan teknis dalam desain dan implementasi dan hemat biaya sistem yang nyaman.
Definisi Real Time Audit
Audit adalah sebagai kegiatan evaluasi terhadap individu, organisasi, sistem, proses, proyek atau produk.
Definisi Realtime
Sistem pengolahan on-line/real time,
transaksi secara individual dientri melalui peralatan terminal,
divalidasi dan digunakan untuk meng-update dengan segera filekomputer.
Hasil pengolahan ini kemudian tersedia segera untuk permintaan
keterangan atau laporan.
Dapat disimpulkan :
Real Time Audit atau RTA adalah suatu
system untuk mengawasi kegiatan teknis dan keuangan sehingga dapat
memberikan penilaian yang transparan status saat ini dari semua
kegiatan, dimana pun mereka berada. Real Time Audit mendukung semua
langkah dari satu proyek dari konsep, mempersiapkan satu usulan penuh,
melakukan analisa putusan untuk mengidentifikasi jual system final
sehingga ketika untuk memilih proyek terbaik manajemen hak suara
kemudian dukungan pembuatan keputusan pada penerimaan atau merosot untuk
membuat investasi perlu.
Dalam pengembangan proyek Real Time Audit
berfungsi sebagai analisis karena untuk memastikan bahwa kualitas
benar, dan berkualitas. Real Time Audit mempunyai kegunaan pengadaan
tersesialisasi yaitu dengan memperbolehkan seorang manajer meniliti
tawaran bersaing untuk menyediakan baik jasa maupun komponen proyek.
Real Time Audit menyediakan teknik ideal untuk memungkinkan mereka yang
bertanggung jawab untuk dana, seperti bantuan donor, investor dan
sponsor kegiatan untuk dapat terlihat dari manajer kegiatan didanai
sehingga untuk memantau kemajuan.
Real Time Audit sangat efektif untuk
membangun procedure menjadi perjanjian pembiayaan meliputi proyek atau
kegiatan yang bersangkutan. Real Time Audit menyediakan komponen utama
yang diperlukan untuk efektif, kegiatan pengelolaan yang efisien dan
pengawasan. Real Time Audit benar-benar transparan dan menyediakan
operasi proyek manajer dan donor/sponsor akses langsung informasi apapun
yang mereka butuhkan secara online dan cepat. Manfaat Real Time Audit
yaitu produktivitas akses informasi ditingkatkan dan sebagai hasilnya
jadi jika produktivitas tugas manajemen proyek.
Ruang Lingkup Real Time Audit
Real Time Audit (RTA) pertama kali
dikenalkan oleh The George Boole Foundation1, pusat pengembangan dan
distribusi aplikasi logic canggih, pada tahun 2009 sebagai dasar untuk
mengelola proyek yang didanai oleh sponsor. Tujuan dari penggunaan RTA
adalah untuk memberikan kontribusi kepada George Boole Institute atau ke
Decision Analysis Initiative 20100-2015, dengan pengawasan yang
sepenuhnya transparan dalam hal alokasi dan kinerja dana ke dalam
portfolionya. RTA menyediakan pengambil keputusan dengan laporan
langsung dan laporan status dari pemanfaatan sumber daya yang
berkelanjutan tanpa melibatkan administrasi dalam permintaan untuk
laporan per periode.
a. Teknologi
RTA memanfaatkan kekuatan dan kenyamanan dari World Wide Web untuk mengumpulkan informasi terkini tentang keadaan semua informasi yang menarik dan mengirimkan informasi ini secara real time kepada pihak yang berkepentingan terletak di mana saja di dunia. Secara umum, RTA berguna untuk mengelola setiap proses yang menggabungkan orang dan alat-alat dalam produksi barang atau jasa. Aktivitas ini dapat berhubungan dengan operasi yang sedang berlangsung atau sebuah proyek baru yang dirancang untuk menambahkan sesuatu ke proses yang ada.
RTA menyediakan sarana yang nyaman untuk merekam keadaan semua variabel dikumpulkan untuk mengelola proses. Selain memberikan informasi bagi para pemangku kepentingan dalam proses RTA menyediakan dukungan yang efektif untuk manajemen proses analisis keputusan terkait dengan pemilihan taktik jangka pendek maupun menengah dengan strategi jangka panjang untuk menjamin efektivitas dari proses yang sedang dikelola.
RTA memanfaatkan kekuatan dan kenyamanan dari World Wide Web untuk mengumpulkan informasi terkini tentang keadaan semua informasi yang menarik dan mengirimkan informasi ini secara real time kepada pihak yang berkepentingan terletak di mana saja di dunia. Secara umum, RTA berguna untuk mengelola setiap proses yang menggabungkan orang dan alat-alat dalam produksi barang atau jasa. Aktivitas ini dapat berhubungan dengan operasi yang sedang berlangsung atau sebuah proyek baru yang dirancang untuk menambahkan sesuatu ke proses yang ada.
RTA menyediakan sarana yang nyaman untuk merekam keadaan semua variabel dikumpulkan untuk mengelola proses. Selain memberikan informasi bagi para pemangku kepentingan dalam proses RTA menyediakan dukungan yang efektif untuk manajemen proses analisis keputusan terkait dengan pemilihan taktik jangka pendek maupun menengah dengan strategi jangka panjang untuk menjamin efektivitas dari proses yang sedang dikelola.
b. Keputusan yang Tepat Waktu
Manfaat dasar informasi real time adalah untuk memastikan keadaan kesadaran yang tinggi dari semua informasi yang relevan tentang kegiatan sehingga memungkinkan situasi yang tepat waktu dan responsi terhadap perubahan kondisi atau peristiwa yang mungkin akan menghambat dalam mencapai tujuan kegiatan. Hal ini menjadi sangat penting ketika keputusan tergantung pada organisasi di kesepakatan mengenai tindakan – tindakan yang diperlukan.
Manfaat dasar informasi real time adalah untuk memastikan keadaan kesadaran yang tinggi dari semua informasi yang relevan tentang kegiatan sehingga memungkinkan situasi yang tepat waktu dan responsi terhadap perubahan kondisi atau peristiwa yang mungkin akan menghambat dalam mencapai tujuan kegiatan. Hal ini menjadi sangat penting ketika keputusan tergantung pada organisasi di kesepakatan mengenai tindakan – tindakan yang diperlukan.
c. Sumber Daya Generik
RTA adalah sumber daya generik dan tidak tergantung “alat / hardware”. Karena itu, sepenuhnya beradaptasi dengan sebagian besar aplikasi pusat yang menyediakan informai kegiatan proses dan hasil. RTA dapat melibatkan kesatuan data yang relatif kecil atau dapat diatur untuk menangani seluruh kompleksitas audit perusahaan atau bahkan model ekonometrik dari ekonomi. Data dapat terdiri dari teknis, keuangan, lingkungan dan sosial ekonomi kuantitatif.
RTA adalah sumber daya generik dan tidak tergantung “alat / hardware”. Karena itu, sepenuhnya beradaptasi dengan sebagian besar aplikasi pusat yang menyediakan informai kegiatan proses dan hasil. RTA dapat melibatkan kesatuan data yang relatif kecil atau dapat diatur untuk menangani seluruh kompleksitas audit perusahaan atau bahkan model ekonometrik dari ekonomi. Data dapat terdiri dari teknis, keuangan, lingkungan dan sosial ekonomi kuantitatif.
d. Spesifik
Sistem aplikasi khusus yang diterapkan RTA menyediakan konteks untuk spesifikasi dari kumpulan data diperlukan. Di mana data yang digunakan untuk mendukung keputusan yang relevan dengan proses manajemen juga terstruktur sesuai dengan proses aplikasi dan tujuan dari proses itu. Dalam setiap kasus, sangat penting untuk memastikan bahwa dimensi dan konfigurasi kemampuan manajemen informasi.
Sistem aplikasi khusus yang diterapkan RTA menyediakan konteks untuk spesifikasi dari kumpulan data diperlukan. Di mana data yang digunakan untuk mendukung keputusan yang relevan dengan proses manajemen juga terstruktur sesuai dengan proses aplikasi dan tujuan dari proses itu. Dalam setiap kasus, sangat penting untuk memastikan bahwa dimensi dan konfigurasi kemampuan manajemen informasi.
e. Perencanaan yang Pasti dan Fleksibel
Akses ke informasi real time hanya berguna jika proses alokasi sumber daya yang cukup fleksibel untuk memungkinkan reaksi tepat waktu saat ini diperlukan. Kerangka perencanaan yang kaku dapat menjadi penyebab kegagalan investasi dan proyek karena manajemen pembuatan keputusan pengganti oleh prosedur administratif mendukung satu set alokasi sumber daya yang telah ditentukan.
RTA adalah dasar untuk manajemen proaktif pengambilan keputusan untuk mengelola realokasi sumber daya penting sehingga mencapai tujuan awal dengan cara yang paling hemat biaya dan tepat waktu, RTA memanfaatkan Pilihan Taktis Peta 2 (TOMS) untuk mendukung desain dan operasional pengambilan keputusan.
Akses ke informasi real time hanya berguna jika proses alokasi sumber daya yang cukup fleksibel untuk memungkinkan reaksi tepat waktu saat ini diperlukan. Kerangka perencanaan yang kaku dapat menjadi penyebab kegagalan investasi dan proyek karena manajemen pembuatan keputusan pengganti oleh prosedur administratif mendukung satu set alokasi sumber daya yang telah ditentukan.
RTA adalah dasar untuk manajemen proaktif pengambilan keputusan untuk mengelola realokasi sumber daya penting sehingga mencapai tujuan awal dengan cara yang paling hemat biaya dan tepat waktu, RTA memanfaatkan Pilihan Taktis Peta 2 (TOMS) untuk mendukung desain dan operasional pengambilan keputusan.
Kelebihan Pemrosesan Secara Real Time
Pemrosesan real time akan sangat
menyederhanakan siklus kas perusahaan. Sistem real time dengan terminal
komputer yang terhubung dengan komputer pusat akan mengurangi atau malah
menghilangkan hambatan-hambatan seperti keterlambatan beberapa hari
antara pengambilan pesanan dan penagihan ke pelanggan.
Pemrosesan real time memberikan
perusahaan keuntungan persaingan pada pasar. Dengan memelihara informasi
persediaan, staf penjualan dapat menentukan dengan cepat bahwa terdapat
persediaan di gudang. Informasi yang mutakhir yang disediakan melalui
proses real time akan meningkatkan kemampuan perusahaan untuk
memaksimalkan kepuasan pelanggan, yang menyebabkan peningkatan
penjualan.
Prosedur manual mempunyai kecenderungan
untuk menghasilkan kesalahan kritis, seperti nomor rekening yang salah,
nomor persediaan yang tidak valid, dan salah dalam melakukan perhitungan
harga. Program perbaikan yang dilakukan secara real time memperbolehkan
untuk memperbaiki banyak tipe kesalahan yang mengidentifikasi dan
meningkatkan efektifitas serta efisiensi operasional.
Akhirnya, pemrosesan secara real time
akan mengurangi pemakaian kertas. Kertas dokumen mahal untuk dibuat dan
sering rusak. Dokumen elektronik sangat efisien, efektif, dan sangat
berguna bagi jejak audit.
Contoh Real Time Audit
Project cycle timeline
Concept Proposal Allocation Development Operations Substitution
Initial outline Detailed plan Decision Implementation Management Cycle end
Initial outline Detailed plan Decision Implementation Management Cycle end
Kontribusi dari Kantor Pengawas Keuangan
Negara, Israel Dinamika modern proses pengambilan keputusan dan
konsekuensinya berpotensi jauh, menciptakan kebutuhan audit aktif dan
relevan, yaitu Waktu, Real Audit. Jenis audit, mengangkat isu-isu
filosofis yang menarik, mengenai ruang lingkup kewenangan BPK, dan
hubungannya dengan cabang eksekutif. The Comptroller Negara Israel
melakukan audit waktu nyata dan dalam kasus-kasus luar biasa, bahkan
campur tangan dalam perjalanan proses pengambilan keputusan. Misalnya,
Pengawas Keuangan Negara melakukannya ketika berhadapan dengan proyek
jangka panjang maupun proses seperti penyerapan imigrasi massa Soviet
Yahudi di Israel selama 1990-1991 atau pengembangan pesawat tempur Lavi.
Dalam kasus-kasus luar biasa, untuk
mencegah kerugian besar, ketika mereka bisa dihindari, para Pengawas
Keuangan Negara campur tangan secara real time, selama proses
pengambilan keputusan itu sendiri. Hal ini dilakukan bukan dengan
mendikte atau bahkan merekomendasikan yang keputusan harus diambil,
tetapi dengan membawa perhatian pembuat keputusan, dan informasi relevan
yang mereka harus mempertimbangkan selama proses pengambilan keputusan.
Para Pengawas Keuangan Negara juga akan campur tangan ketika jelas
bahwa keputusan tertentu disukai oleh pemerintah mungkin mengakibatkan
pelanggaran hukum.
Berikut ini adalah beberapa contoh Real Time Audit
Sebuah banding kepada Menteri Keuangan
untuk mempertimbangkan kembali proposal tertentu yang diadopsi oleh
komite menteri untuk menjual perusahaan pemerintah, ketika informasi
mencapai Pengawas Keuangan Negara bahwa kesepakatan yang diusulkan
undervalued aset perusahaan.
The Pengawas Keuangan Negara membahas Menteri Keuangan selama musyawarah untuk menyetujui penjualan perusahaan: yaitu setelah pemerintah telah mengadopsi keputusan untuk menyetujui penjualan, dan sebelum penjualan itu akhirnya disetujui oleh Komite Keuangan Knesset (Parlemen Israel).
Sebuah banding ke kota untuk kembali inisiatif untuk membangun kantor kotamadya dan sebuah sekolah berdasarkan perjanjian kredit tertentu yang sangat merugikan. Pada saat yang sama, banding dibuat untuk Kementerian Dalam Negeri, yang telah menyetujui pengaturan kredit, untuk mempertimbangkan kembali masalah ini juga. Intervensi ini sebenarnya menghasilkan penilaian ulang oleh orang-orang yang bersangkutan dan tabungan sebesar $ 25 juta.
The Pengawas Keuangan Negara membahas Menteri Keuangan selama musyawarah untuk menyetujui penjualan perusahaan: yaitu setelah pemerintah telah mengadopsi keputusan untuk menyetujui penjualan, dan sebelum penjualan itu akhirnya disetujui oleh Komite Keuangan Knesset (Parlemen Israel).
Sebuah banding ke kota untuk kembali inisiatif untuk membangun kantor kotamadya dan sebuah sekolah berdasarkan perjanjian kredit tertentu yang sangat merugikan. Pada saat yang sama, banding dibuat untuk Kementerian Dalam Negeri, yang telah menyetujui pengaturan kredit, untuk mempertimbangkan kembali masalah ini juga. Intervensi ini sebenarnya menghasilkan penilaian ulang oleh orang-orang yang bersangkutan dan tabungan sebesar $ 25 juta.
Intervensi dalam sebuah proyek
pembangunan besar di Yerusalem, sebelum kontrak final ditandatangani
dengan pengusaha swasta, ketika menjadi jelas bahwa otoritas publik akan
menandatangani kontrak terlalu merugikan kepentingan umum. Diberikan di
bawah ini adalah kutipan dari laporan audit mengenai privatisasi sebuah
perusahaan pemerintah, seperti yang tercantum pada contoh pertama di
atas dan sebagaimana diumumkan dalam pengawas keuangan Negara Laporan
Tahunan tahun 1990: “Yerusalem Ekonomi Corporation didirikan untuk
memberikan kontribusi terhadap pembangunan ekonomi kota dengan mendorong
industri dan perdagangan korporasi ditangani dengan pengembangan
kawasan industri dan perdagangan di kota dan pinggiran kota yang
berdekatan.. Struktur yang dibangun telah disewakan kepada pengusaha dan
memfasilitasi pembentukan mereka perusahaan Sepanjang tahun perusahaan
terkonsentrasi di bawah kepemilikan mayoritas saluran lahan untuk
industri dan perdagangan dan proporsi yang lebih kecil dari mereka untuk
perusahaan komersial.. Sebagai hasilnya, perusahaan akumulasi kekuatan
besar, dan posisinya sehubungan dengan negosiasi penyewa dan penyewa
potensial yang sangat kuat. Sebagai itu adalah perusahaan publik yang
tujuan utamanya adalah mengembangkan kota, korporasi tidak menggunakan
posisi yang kuat untuk meningkatkan keuntungan.
Pada beberapa saluran yang dimiliki oleh
korporasi, pembangunan sudah selesai, dan umumnya, struktur kebanyakan
diduduki. saluran lain seperti yang berada di daerah Atarot industri dan
di Mishor Adumim, proses pembangunan belum selesai dan sejumlah kecil
bangunan didirikan masih kosong. Dalam jalannya peristiwa, ada risiko
komersial yang lebih besar di daerah-daerah bahwa pembangunan belum
selesai dan pengusaha swasta cenderung lebih ragu-ragu apakah akan
berinvestasi dalam jumlah besar untuk menyelesaikan pembangunan. Dengan
kata lain, investor swasta biasanya memanfaatkan proyeksi pendapatan di
daerah yang kurang berkembang dengan tingkat kapitalisasi yang lebih
tinggi dari daerah dimana pengembangan selesai.
Sesuai dengan kebijakan umum pemerintah
untuk mengurangi keterlibatannya dalam kegiatan perekonomian, Pemerintah
Otoritas Perusahaan memutuskan pada pertengahan-1989 untuk menjual
saham pemerintah dalam perusahaan. Karena, dengan manajemen properti
tidak ada harapan untuk menarik pengetahuan khusus dari luar negeri atau
membuka saluran pemasaran baru, tujuan utama dari penjualan perusahaan
adalah untuk menghasilkan pendapatan maksimal bagi keuangan nasional.
Dalam pendapat Pengawas Keuangan Negara,
tujuan ini bisa saja dicapai sambil menjamin kepentingan umum dalam
mengembangkan kota. Dengan memindahkan kekuatan ekonomi perusahaan
kepada pemilik swasta, pengusaha potensial menghadapi entitas tunggal
yang mengontrol cadangan lahan utama diperuntukkan bagi industri dan
perdagangan. badan ini tidak dibatasi oleh pertimbangan kesejahteraan
masyarakat. Selain itu, pengembangan kawasan industri terus terpencil
akan tergantung pada pertimbangan profitabilitas umum dari pemilik baru.
Ini transfer kekuatan ekonomi untuk badan
usaha tidak memberikan kontribusi untuk meningkatkan harga jual bagi
pemerintah. Memiliki aset perusahaan sudah terjual, bahkan di unit-unit
yang besar, itu akan mungkin untuk meningkatkan jumlah pembeli yang akan
bersaing untuk memperoleh sifat dan melalui ini untuk menghilangkan
monopoli dan meningkatkan kemungkinan memerintah dengan harga jual lebih
tinggi.
Jual perusahaan secara keseluruhan
mengurangi pendapatan pemerintah dari aspek lain. Kantor Pengawas
Keuangan Negara memperkirakan nilai properti korporasi yang sepenuhnya
dikembangkan. Dari perkiraan ini adalah jelas bahwa adalah mungkin untuk
menerima jumlah maksimum tender untuk pembelian seluruh perusahaan, dan
untuk mempertahankan kontrol pemerintah terhadap situs-situs yang
pengembangannya belum selesai. Hasil ini masuk akal karena, terhadap
perkembangan lebih lanjut kota, negara adalah lebih optimis daripada
pengembang swasta dan, oleh karena itu, pengembang swasta yang tidak
mungkin untuk membayar nilai penuh untuk wilayah dimana pembangunan
belum selesai. Saluran di wilayah ini dapat dijual di kemudian hari dan
secara signifikan meningkatkan pendapatan pemerintah. Dengan cara ini
akan mungkin untuk menghindari kontrol atas sebagian besar cadangan
lahan yang dibutuhkan untuk pengembangan terus kota dengan satu entitas
bisnis.
IT Forensics
Beberapa Definisi IT Forensics
- Definisi sederhana, yaitu penggunaan sekumpulan prosedur untuk melakukan pengujian secara menyeluruh suatu sistem komputer dengan mempergunakan software dan tool untuk memelihara barang bukti tindakan kriminal.
- Menurut Noblett, yaitu berperan untuk mengambil, menjaga, mengembalikan, dan menyajikan data yang telah diproses secara elektronik dan disimpan di media komputer.
- Menurut Judd Robin, yaitu penerapan secara sederhana dari penyidikan komputer dan teknik analisisnya untuk menentukan bukti-bukti hukum yang mungkin.
Tujuan IT Forensics
Tujuan IT Forensics adalah untuk
mengamankan dan menganalisa bukti digital. Dari data yang diperoleh
melalui survey oleh FBI dan The Computer Security Institute, pada tahun
1999 mengatakan bahwa 51% responden mengakui bahwa mereka telah
menderita kerugian terutama dalam bidang finansial akibat kejahatan
komputer.
Kejahatan Komputer dibagi menjadi dua, yaitu :
Komputer Fraud
Kejahatan atau pelanggaran dari segi sistem organisasi komputer.
Komputer Crime
Merupakan kegiatan berbahaya dimana menggunakan media komputer dalam melakukan pelanggaran hukum.
Terminologi IT Forensics
a. Bukti digital (digital evidence).
Merupakan informasi yang didapat dalam bentuk atau format digital, contohnya e-mail.
Merupakan informasi yang didapat dalam bentuk atau format digital, contohnya e-mail.
b. Empat elemen kunci forensik dalam teknologi informasi, antara lain :
- Identifikasi dari bukti digital
Merupakan tahapan
paling awal forensik dalam teknologi informasi. Pada tahapan ini
dilakukan identifikasi dimana bukti itu berada, dimana bukti itu
disimpan dan bagaimana penyimpanannya untuk mempermudah tahapan
selanjutnya.
- Penyimpanan bukti digital
Termasuk tahapan yang paling kritis dalam forensik. Bukti digital dapat saja hilang karena penyimpanannya yang kurang baik.
- Analisa bukti digital
Pengambilan, pemrosesan, dan interpretasi dari bukti digital merupakan bagian penting dalam analisa bukti digital.
- Presentasi bukti digital
Proses persidangan
dimana bukti digital akan diuji dengan kasus yang ada. Presentasi disini
berupa penunjukkan bukti digital yang berhubungan dengan kasus yang
disidangkan.
Investigasi kasus teknologi informasi
Investigasi kasus teknologi informasi
Prosedur Forensik
Prosedur forensik yang umum digunakan, antara lain :
- Membuat copies dari keseluruhan log data, file, dan lain-lain yang dianggap perlu pada suatu media yang terpisah.
- Membuat copies secara matematis.
- Dokumentasi yang baik dari segala sesuatu yang dikerjakan.
Bukti yang digunakan dalam IT Forensics berupa :
- Harddisk.
- Floopy disk atau media lain yang bersifat removeable.
- Network system.
Beberapa metode yang umum digunakan untuk forensik pada komputer ada dua yaitu :
1. Search dan Seizure
Dimulai dari perumusan suatu rencana.
2. Pencarian informasi (discovery information)
Metode pencarian
informasi yang dilakukan oleh investigator merupakn pencarian bukti
tambahan dengan mengandalkan saksi baik secara langsung maupun tidak
langsung terlibat dengan kasus ini.
SUMBER : source
Tidak ada komentar:
Posting Komentar